Musim dan Waktu Tanam Bawang Putih

Mungkin bawang putih termasuk tanaman agak rewel. Tetapi kalau persyaratannya dipenuhi sebenarnya bawang putih ternyata sangat menyenangkan. gampang dibudidayakan dan hasilnya cukup menggiurkan.
bawang putih tergolong tanaman yang tidak suka tempat-tempat becek, tetapi senang tempat kering dan jarang hujan. namun demikian, bawang putih termasuk tanaman yang banyak membutuhkan air harus diberi minum yang baik. dengan tuntunan yang demikian itu, bawang putih tidak ditanam di sembarang waktu dan musim. Namun tidak tertutup kemungkinannya untuk ditanam di luar musim tanamnya.
Karena itu pulalah bawang putih ditanam pada awal musim kemarau dan dipanen pada saat masih kemarau juga. Biasanya penanaman pada awal musim kemarau jatuh sekitar April-Juni, dan panen diperkirakan akan jatuh pada bulan Agustus-Oktober. Jika tidak ada pergeseran musim, bulan-bulan tersebut masih dalam musim kemarau juga. Prinsipnya, penentuan saat tanam ini perlu diperhitungkan agar penanaman dan panennya masih dalam musim kemarau dan belum menginjak musim hujan. Dengan demikian siklus antarmusim tanam bawang putih tepat satu tahun.

Musim dan Waktu Tanam Bawang Putih, photo by: Rizza
Pernah juga dicoba untuk menanam bawang putih pada musim hujan dan hasilnya pun cukup baik. Untuk hal yang demikian ada syaratnya, yaitu perlu dilalukan pencegahan penyakit secara intensif dan teratur dengan fungisida. Jika ini tidak dilakukan, resiko gagal akibat serangan penyakit sangat besar.
Di daerah-daerah yang mempunyai musim kemarau panjang, kadang-kadang meskipun sudah menginjak bulan juli masih dilakukan penanaman. Berarti, untuk sampai pada akhir musim kemarau, jika musim hujan turun pada bulan oktober, hanya tersedia waktu sekitar 4 bulan saja. Ini agak terlalu mendesak waktunya sehingga hasilnya pun tidak sebaik penanaman pada bulan-bulan sebelumnya. Penanaman yang terlambat ini sebaiknya dimanfaatkan untuk menghasilkan daun bawang putih muda untuk sayuran saja, untuk menhindari resiko gagal karena serangan penyakit. Untuk menghasilkan daun bawang ini bawang putih dicabut ketika masih muda, yaitu sekitar umur 60-70 hari.
Biasanya, seperti yang banyak dilakukan bawang putih ditanam setelah padi dipanen. kemudian setelah bawang putih dipanen, lahan ditanami jagung. pergiliran tanaman semacam ini penting sekali artinya. setidak-tidaknya merupakan suatu usaha untuk menekankan populasi nematoda perusak bawang putih. dengan demikian, pola tanamnya adalah padi-bawang putih-jagung-bawang putih dan seterusnya. Pola tanam semacam ini tidak hanya dapat menekan populasi nematoda saja, tetapi juga beberapa penyakit lain.

Musim dan Waktu Tanam Bawang Putih, photo by:Smartland

Sementara itu, saat penanaman jangan terlalu lama berselang setelah pemisahan siung. Artinya jangan dibiarkan siung-siung bibit yang sudah dipisah-pisah menunggu terlalu lama. Sekitar 2 hari setelah dipisahkan siung-siungnya, siung bawang putih harus segera ditanam. jika terlalu lama dibiarkan terurai berbentuk siung-siung, bawang putih dapat ngambek sehingga lambat dan kerdil tumbuhnya.

Itulah Informasi tentang Musim dan Waktu Tanam Bawang Putih, Semoga Informasinya dapat bermanfaat bagi sobat  yang membaca. Baca Juga: Pengelompokkan Umbi Bawang Putih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »