Pohon Buah-Buahan Yang Sudah Dikenal Yaitu Lengkeng

Lengkeng Masih Saudara dekat lici. lebih banyak dikenal di Indonesia pohon maupun buahnya. Negara asalnya adalah India dan menyebar luas ke daerah Asia lainnya maupun lain daerah yang subtropis. Di negeri Cina lengkeng banyak ditanam di daerah Kwantung dan sangat digemari sejak beberapa abad yang lalu. tidak salah kiranya bahwa orang Cina yang berdiam di Indonesia, yang asli maupun keturunannya, sangat menggemarinya pula. Tahun Baru yang tanpa buah lengkeng selalu mereka rasakan kurang lengkap. Di negeri Cina lengkeng dinamakan "longyen" atau "lingkeng". Di Indonesia tidak / belum banyak dilakukan penelitian tentang tanaman "lengkeng", yang kini telah menyebar luas di daerah Ambarawa, Mutilan, Banyuwangi, Langkat, Asahan, Malang, dan Bandung.

pohon kelengkeng


Data Botani
membentuk pohon yang perdu, bermahkota, kompak, dengan penampilan yang indah. sebagai tanaman hias berumur panjang tidak mengecewakan. pohon lengkeng dapat berumur lebih dari 50 tahun dan tetapi masih berbuah (Gardujati).
tinggi pohon dapat mencapai 12 meter. bunganya berbentuk malai dan tumbuh di ujung ranting yang letaknya terutama di luar mahkota pohon. Lazimnya berbunga dalam bulan Agustus sampai september, buahnya masak dalam bulan Januari - Februari bersamaan dengan Tahun Baru Cina, buahnya kecil-kecil berdiameter rata-rata 2,5 cm, berkulit tipis kuning atau merah sawo matang, agak halus, namun masih nampak ada benjolan-benjolan yang lemah dan mudah dikupas. Daging buahnya tipis, berair, cukup manis, dan mudah terkelupas. Bijinya hitam-sawo matang, halus kulitnya dan mengkilap. tanaman kelengkeng dinyatakan lebih tahan terhadap suhu udara yang sangat dingin, bahkan lebih tahan daripada lici.

Ekologi tanaman lengkeng
Tanaman lengkeng tumbuh baik di tanah yang gembur dengan air tanah yang rendah tetapi tidak menggenang. Di daerah saya percobaan tanaman lengkeng tidak pernah menghasilkan buah, karena permukiman tanah sangat dalam, lebih dari 15 meter. lengkeng tumbuh/berbuah baik di daerah yang banyak hujannya dan permukaan air tanah tinggi. lengkeng baik tumbuhnya di daerah yang tingginya 300 - 1.000 meter dpl. Namun di Muangthai tanaman lengkeng tumbuh di daerah yang tanahnya berada di dekat pantai agak padat, dengan curah hujan 6 bulan kering.

Pohon Kelengkeng


Cara Menanam
lengkeng dapat ditanam melalui biji, cangkokan maupun okulasi. Dengan biji, baru berbuah pada umur 10 tahun ke atas, sedangkan dengan cangkokan/okulasi, waktu itu dapat dipersingkat hingga 6-7 tahun. Jarak tanam rata-rata 10 x 10 meter. pupuk secara ilmiah belum diketahui, namun pemupukan dengan pupuk kandang dan NPK dapat dianjurkan. Tanaman lengkeng tidak memerlukan pembentukan maupun pemangkasan.

Memungut hasil
buah lengkeng rata-rata 5 bulan setelah masa penyerbukan biasanya buah sudah matang dan bisa dipetik. seluruh tangkainya harus dipungut sekaligus. Buah lengkeng yang "dipreteli", terlepas dari tangkainya, akan cepat busuk. Di Indonesia praktis seluruh buah lengkeng yang dihasilkan dimakan langsung, sedangkan di Cina buah lengkeng dijemur/dikeringkan atau di awetkan dalam kaleng. Sebagian di manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan anggur yang ke sohor dengan nama "anggur lengkeng". Hingga saat ini tanaman lengkeng sebagian besar masih merupakan tanaman perkarangan. Di kebun - kebun lengkeng karena mulai berbunga/berbuahnya makan waktu yang lama sudah sewajarnya, bilamana tanaman lengkeng berbentuk kebun ditanam bersamaan dengan lain-lain tanaman yang berumur pendek, misalnya nanas dan lain-lain.

kelengkeng

Hama Penyakit
"lengkeng" tidak begitu diserang hama dan penyakit, selain oleh codot dan kalong yang merusak buah lengkeng. Untuk mencegah serangan kedua hama ini, tangkai buah harus dibungkus dengan anyaman bambu yang agak jarang. Banyaknya keranjang sekaligus menentukan betapa besar hasil yang akan diperoleh penanamnya.

itulah tadi pembahasan saya mengenai lengkeng, semoga bermanfaat. baca juga: pupuk untuk jamur tiram

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »