Beberapa Fakta Tentang Pestisida Fungisida

fungisida adalah salah satu bahan pembasmi hama pada tanaman, seperti namanya fungi yang artinya ialah jamur, berarti fungisida adalah salah satu pestisida yang berfungsi untuk memberantas jamur parasit pada tanaman hortikultura.

Dahulu, sebelum indonesia merdeka, untuk membasmi hama dipergunakan obat-obat yang dibuat dari ramuan sabun dan spiritus, air tembakau dan sabun, larutan akar tuba, larutan biji bengkuang, bubuk belerang. tetapi kini walaupun masih mempunyai keampuhan, semua itu sudah dianggap barang yang pantas di simpan dalam museum. Kini Indonesia dibanjiri obat-obatan yang dibuat melalui proses kimiawi dengan bermacam-macam gugusan zat kimia. Daya bunuh insektisida bermacam-macam sifatnya, ada yang melalui pernapasan ada pula yang melumpuhkan syaraf, atau berfungsi sebagai racun kalau dimakan. Ada obat-obatan yang lekas mengurangi, ada yang daya bunuhnya langsung musnah, dan yang daya bunuhnya tahan lama setelah disemprotkan. Insektisida tidak hanya berbahaya terhadap serangga, tetapi juga dapat berbahaya terhadap manusia dan hewan. insektisida dijual dalam bentuk cairan ataupun bubuk,
Beberapa Fakta Tentang Pestisida Fungisida (Fungisida Cair), photo by: Mirza
Beberapa Fakta Tentang Pestisida Fungisida (Fungisida Bubuk), photo by: Tani Subur Batam


Ada peringatan pada kemasan insektisida:
  • daya racunnya (toxicity)
  • daya racunnya bila terminum "oral"
  • daya racunnya bila terkena kulit "dermal"
  • daya racunnya bila terhisap
  • daya racunnya yang mendadak (akut)
  • daya racunnya yang kronis, setelah beberapa hari keracunan.
Dapat pula dilihat dosisnya, yaitu tentang dosisnya yang bisa mematikan. Peringatan ini ditulis dengan kode LD 50 oral atau dermal. LD 50 berarti banyak dosis racun atau bahan baku insektisida yang mematikan 50% dari hewan percobaan, bila diminum atau terkena kulitnya. Bertambah rendah bobot badan bertambah besar bahaya keracunannya. Dalam peringatan disebutnya LD 50 sekian mgr kg bobot badan dengan lain kata, insektisida dengan LD 50 - 10 mgr adalah lebih berbahaya daripada LD 50 - 30 mgr.

Pestisida dan fungisida dapat dibagi atas empat kategori, yaitu:
  1. Sangat beracun bila LD 50 oral 0 - 50 mgr dan 0 - 200 mgr dermal/kg
  2. Beracun sedang bila LD 50 - 500 mgr/kg oral dan dermal 200 - 2000 mgr/kg
  3. Beracun enteng bila LD 50 500 - 5000 mgr/kg oral dan dermal 2000 - 20000 mgr/kg
  4. Praktis tidak beracun LD 50 - 5000 mgr/kg ke atas oral dan dermal 2000 mgr/kg ke atas.
Manusia dengan berat badan 68 kg akan mati bila terminum beberapaa tetes atau satu sendok obat golongan 1. Manusia dengan berat badan 68 kg akan mati bila terminum satu sendok teh lebih, atau 8 gram obat golongan 2, dan akhirnya manusia dengan berat badan 68 kg akan mati bila terminum 28,3 gram hingga 1 kg obat golongan 3.

Itulah Informasi singkat mengenai Fakta Pestisida Fungisida, Semoga Bermanfaat.
Baca Juga: Memperbanyak Pohon Dengan Teknik Mencangkok

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »