PASTI DI TERIMA!! Ini Dia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

PASTI DI TERIMA!! Ini Dia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email 

Di era modern seperti saat ini, cara membuat lamaran kerja via email lebih banyak di cari oleh mereka yang saat ini tengah mencari pekerjaan. Dulu surat lamaran kerja di kirimkan lewat pos atau diantar langsung ke perusahaan/kantor yang dituju. Namun sekarang ini, sudah ada teknologi canggih internet dan juga surat elektronik yang kerap disebut email. Dengan email ini, para pencari kerja bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan mana pun tanpa harus membeli kertas folio, amplop, materai atau yang lainnya.



Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

Pihak perusahaan pun sekarang ini lebih senang menggunakan teknologi email ini. Karenanya, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang mempersilahkan siapapun yang tertarik mendaftar untuk mengirimkan surat lamaran kerja beserta berkas-berkas yang diperlukan via email. Kalau kamu sedang binggung membuat surat lamaran pekerjaan via email, sedangkan perusahaan yang kamu tuju mewajibkan kirim via email, kamu bisa mencari cara membuat lamaran kerja via email ini. Berikut cara membuat surat lamaran kerja via email :



Pasti semua diantara kalian memiliki akun gmail ya. Login ke akun gmail anda terlebih dahulu, seperti contoh di bawah ini. Setelah anda berhasil login ke akun gmail, klik tulisan "Tulis" di sebelah kiri dashboard. Seperti contoh gambar diatas.




Setelah itu kalian isi alamat email perusahaan yang akan dituju, jika perusahaan mewajibkan untuk CC kalian juga harus men CC kan email kalian sesuai dengan keinginan perusahaan, biasanya perusahaan CC ke bagian HRD/Personalia dari perusahaan tersebut, tp jika tidak kalian tidak perlu untuk klik CC



Langkah ini harus diperhatikan walaupun sepele. Subject pada email harus diisi tidak boleh kosong, jika kosong surat lamaran kerja kalian tidak akan dilirik oleh perusahaan tersebut, bahkan email kalian dianggap spam. Tulis subject kalian seperti gambar diatas, biasanya subject berisi perihal kalian mengirim email, misalnya : Jika kalian mengirim lamaran kerja, tulis subject " Surat lamaran kerja, bagian marketing ". Usahakan kalian menulis subject berikut dengan posisi yang akan dilamar ya, karna pihak HRD/Personalia biasanya akan memisahkan-misahkan email kalian berdasarkan posisi yang akan dilamar pada subject.



Selanjutnya, buat isi dari lamaran kerja kalian, isi lamaran kerja biasanya berisi tujuan dari kalian melamar kerja, biodata diri kalian. Usahakan biodata diri kalian isi dengan benar dan lengkap.



Kemudian sertakan kelengkapan data diri kalian, biasanya berupa scan ktp, pas poto terbaru, scan ijazah terakhir, dll. Usahakan kalian isi lengkap, agar pihak HRD/Personalia menilai kalian serius melamar kerja diperusahaan tersebut. Jika kalian memiliki sertifikat atau piagam penghargaan bisa disertakan ya, itu bisa menjadi daya tarik kalian dimata HRD/Personalia.



Selanjutnya, lampirkan file kelengkapan data diri kalian, caranya kalian klik tanda kotak yang ada tanda panah di gambar atas. Usahakan kalian melampir filenya satu-satu ya karna biasanya pihak HRD/Personalia tidak mau ribet untuk mengekstrak folder kalian satu persatu. Setelah itu klik tombol KIRIM deh.

Nah itulah tutorial cara membuat surat lamaran kerja via email, akhir kata saya ucapkan terima kasih semoga bermanfaat yaaa... 











Share this

Related Posts

Previous
Next Post »