Penyiangan dan Penggemburan Tanah Untuk Bawang Merah

bawang merah memang sangat perlu untuk disiangi dan sekaligus digemburkan tanahnya. penyiangan dan penggemburan ini dimaksudkan untuk :
- membersihkan rumput-rumput liar dan gulma lainnya
-menggemhurkan tanah pada bedeng dan merapikan kembali bedeng-bedeng yang longsor
-membenahi kembali tanaman-tanaman yang mungkin akarnya muncul ke permukaan tanah.

Penyiangan dan Penggemburan Tanah Untuk Bawang Merah, photo by: Tienchotimah

penyiangan dapat dilakukan dengan mencabuti rumput-rumput dengan tangan atau dibantu dengan alat. hati-hati, jangan sampai merusak perakaran bawang merah. sambil menyiangi, sekaligus tanah bedeng digemburkan dan bedeng dirapikan dan ditinggikan kembali. sementara itu, seringkali akar atau umbi bawang muncul ke permukaan tanah. karena itu, rapikan rapikan juga tanaman ini dengan menimbunnya dengan tanah atau menancapkan lagi agak dalam. namun hati-hati jangan sampai merusakkan akarnya.
biasanya, penyiangan dan penggemburan ini dilakukan 2 kali selama pertumbuhan bawang merah dan dikerjakan bersamaan dengan pemupukan. karena penyiraman dikerjakan hampir tiap hari, maka perlakuan penyiangan, penggemburan dan pemupukan harus dikerjakan sebelum penyiraman. umumnya, penyiangan pertama dikerjakan pada saat tanaman berumur 2-4 minggu dan penyiangan kedua pada waktu umur 5-6 minggu. namun begitu semuanya ini tergantung keadaan. jika dipandang rumput sudah banyak dan dalam taraf mengganggu atau tanah sudah terlihat memadat, penyiangan dan penggemburan perlu segera dilakukan.

Penyiangan dan Penggemburan Tanah Untuk Bawang Merah, photo by: Rizza

untuk lahan bertanah berat, seringkali bedeng menjadi longsor dan tanah melorot ke dalam parit-parit. untuk menghindari hal semacam ini, sisi-sisi bedeng dapat dapat ditembok dengan lumpur dari dasar parit sehingga sisi-sisi bedeng menjadi kuat dan tidak mudah longsor. di samping berfungsi untuk memperkuat pinggiran bedeng, perlakuan ini juga ikut memperbaiki parit-paritnya.

itulah informasi tentang Penyiangan dan Penggemburan Tanah Untuk Bawang Merah, semoga bermanfaat bagi sobat semua, terimakasih. Baca Juga: Fungsi Tanaman Buah-Buahan Yang Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »